Cara Membuat Situs Toko Online Secara Lengkap terbaru 2022
Meskipun anda berada di daerah terpencil jangan khwatir produk bisnis anda bisa dikenal oleh masyarakat luas di seluruh dunia jika anda membuat situs toko online untuk jalan alternativ supaya produk yang ada jual bisa laris dan di kenal masyarakat luas.
Dengan membuat situs toko online dijamin bisnis anda semakin sukses dan tentunya laris nah untuk membuat situs toko online anda bisa memanfaatkan teknologi dari aplikasi yang tersedia di smartphone pintar ada yang sudah tersedia tinggal mengetahui cara menggunakannya.
Cara membuat situs toko online sebenarnya mudah ada yang berbayar dan ada pulan yang gratis tinggal kembali ke diri anda jika yang berbayar mungkin lebih cepat berbeda dengan dengan pembuatan situs toko online yang tidak berbayar atau gratis.
Perhatikan terlebih beberpah hal yang mesti disiapkan terlebih dahulu untuk cara membuat situs toko online untuk bisnis anda.
Untuk membuat toko online tidak sesulit yang Anda bayangkan anda hanya perlu menyiapkan beberapa hal yang menyangkut produk dan platform online yang ingin digunakan saja. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa hal yang perlu anda siapkan untuk membuat situs toko online
langkah pertama buat nama untuk situs toko online anda
Dalam menentukan nama situs toko online shop anda bisa merujuk nama toko yang anda saat ini dengan tujuan nama tersebut belum digunakan oleh toko online lainnya untuk itu siapkan beberapa daftar nama yang sekiranya cocok menggambarkan bisnis anda, kemudian lakukan penelusuran di internet guna memastikan tak ada toko yang sama.
Jika anda memilih nama yang telah lebih dahulu digunakan oleh bisnis lain, maka itu bisa membingungkan pelanggan selain itu, ada kemungkinan sang pemilik nama akan melayangkan protes atau gugatan ke anda.
Oleh karena itu, demi mencegah masalah yang timbul di kemudian hari, pastikan nama yang anda pilih ini benar-benar belum digunakan sama sekali oleh orang lain.
Persiapkan domain untuk situs toko online anda
Memilih nama situs toko online juga berpengaruh pada domain yang harus Anda beli di kemudian hari dalam media sosial domain ini semacam alamat yang memudahkan pengguna internet dalam menemukan bisnis anda tanpa adanya domain yang mudah diingat maka situs toko online anda akan sulit maju.
Secara garis besar, domain terdiri dari tiga jenis domain yaitu top level domain (TLD), second level domain (SLD), dan third level domain (TLD). Second level domain diisi oleh nama instansi, toko, atau perusahaan itu sendiri.
Melihat pentingnya pemilihan domain, disarankan memilih nama yang unik supaya tidak ada pengguna yang sama dan dibuat secara sederhana supaya konsumen dapat dengan mudah mudah di ingat oleh orang lain.
Tentukan produk apa yang ingin dijual dan kemas secara menarik
Setiap toko tentu harus memiliki produk yang dijual. Namun, menentukan produk apa yang dijual saja belum cukup anda juga harus mampu mengemas produk tersebut dan menampilkannya dengan baik supaya pelanggan jadi tertarik untuk membelinya.
Untuk itu, lakukan sesi pemotretan untuk produk yang akan anda jual sesi pemotretan ini bisa melibatkan model atau pun tidak, tergantung dari budget dan konsep yang ingin Anda usung.
Hanya saja, pastikan pemotretan dilakukan secara benar supaya pelanggan bisa melihat dengan jelas barang yang akan mereka beli. Jangan lupa untuk sertakan penjelasan tentang produk tersebut. Buatlah secara singkat dengan mengutamakan key selling points dari masing-masing produk.
Lalu pilih demografi konsumen anda
Dalam berbisnis, beriklan sudah menjadi hal yang wajib dilakukan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, toko online memungkinkan anda melakukan targeting ads untuk memastikan iklan Anda sampai ke orang yang tepat. untuk itu, anda harus tahu betul demografi yang tepat untuk bisnis usaha anda.
Dalam menentukan demografi, untuk facebook ads misalnya, bisa berdasarkan negara, jenis kelamin, rentang usia, pendidikan, dan status hubungan. Supaya iklan anda lebih persuasif, siapkan ad copy dan juga gambar iklan yang sesuai. Ingat, masing-masing demografi memiliki karakteristiknya masing-masing sehingga membutuhkan pendekatan yang berbeda-beda.
Misalnya, Anda menawarkan streetwear yang umum digunakan oleh anak muda. Maka anda perlu membuat ad copy dan gambar iklan yang mampu memikat anak muda usia 17-25 tahun dengan menyesuaikan jenis kelaminnya.
Ingat, laki-laki dan perempuan memiliki ketertarikan yang berbeda, jadi butuh pendekatan yang berbeda oeh karena itu, selalu evaluasi setiap kali Anda beriklan untuk mencari formula yang tepat untuk target pasar anda.
Buat konten untuk menciptakan traffic menuju situs toko online anda
Saat ini, konten adalah raja semua orang mengonsumsi ratusan konten setiap harinya, mulai pagi hingga malam hari. Maka dari itu, konten menjadi magnet yang tepat untuk menarik traffic menuju situs toko online anda.
Dari traffic inilah kemungkinan pembelian oleh pelanggan didapatkan. Lalu, konten seperti apa yang cocok untuk sebuah toko online?
Anda bebas memilih apakah ingin konten yang khusus untuk di website toko online saja, khusus untuk media sosial, atau keduanya. Saat ini kebanyakan online shop menjalankan keduanya, yaitu membuat konten blog di website toko online untuk meningkatkan awareness sekaligus product knowledge dan membuat konten di halaman media sosial sebagai ajang promosi.
Dalam membuat artikel untuk blog di website, anda bisa membaginya ke dalam beberapa kategori. Misalnya, anda membuat toko online untuk berjualan gadget.
Maka Anda bisa membuat kategori gadget news, gadget review, dan gadget tips. Jangan lupa untuk terapkan kaidah-kaidah SEO untuk membantu toko online Anda masuk dalam hasil pencarian google. Untuk itu, jika Anda belum menguasai teknik penulisan SEO, bisa mencari jasa content writer yang sudah berpengalaman.
Sementara untuk konten media sosial, Anda harus menerapkan pendekatan yang berbeda. Sebaiknya Anda fokus pada konten-konten berbentuk visual dengan sedikit atau tanpa wording sama sekali. Dalam penulisan caption, sebaiknya langsung pada ke intinya saja.
Tidak perlu penjelasan bertele-tele dan sebaiknya disertai kalimat aksi atau call to action. Harapannya, dengan adanya kalimat aksi ini, pembaca bisa semakin tertarik membeli produk Anda.
Cara untuk membuat situs toko online
Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang perlu disiapkan, inilah saatnya untuk membuka toko online Anda sendiri.
Anda bisa menggunakan jasa pembuatan toko online yang kini sudah banyak tersedia, atau juga bisa melakukannya sendiri. Untuk membantu Anda memulainya, berikut ini langkah-langkah membuat toko online yang harus Anda pahami.
1. Membeli domain dan menyewa hosting untuk situs toko online anda
Sebelumnya telah dijelaskan tentang apa itu domain. Lalu, apa itu hosting? Hosting adalah tempat dalam jagat maya untuk Anda menaruh domain dan konten-konten website Anda. Jadi, jika domain itu adalah alamat, hosting adalah lahan di mana toko Anda berdiri. Tanpa adanya hosting, Anda tidak akan bisa memiliki online shop.
Beruntungnya, kini Anda bisa dengan mudah membeli domain dan menyewa hosting karena penyedianya sudah sangat banyak. Sebelum membeli domain dan hosting, pastikan Anda melakukan komparasi harga terlebih dahulu sebelum memutuskan pilihan.
2. Memasang Content Management System (CMS)
Setelah memiliki domain dan hosting, maka Anda perlu memasang Content Management System (CMS). Dengan adanya CMS, Anda akan jadi lebih mudah dalam mengatur konten dan tampilan dari website Anda. Salah satu CMS yang umum digunakan oleh toko online adalah WordPress karena terkenal mudah digunakan.
3. Pasang plugin khusus untuk toko online
Setelah anda memasang WordPress sebagai CMS, maka lanjutkan dengan menginstal plugin khusus toko online seperti WooCommerce.
Dengan menggunakan WooCommerce, anda bisa menggunakan beragam fitur yang mampu membuat toko online anda semakin intuitif. Untuk memulainya, anda perlu mengisi beberapa data pelengkap seperti alamat toko, mata uang yang digunakan, dan jenis produk yang akan anda jual.
Kemudian, anda akan diminta memilih metode pembayaran yang ingin diinstal pada website Anda. Pilihan standarnya adalah PayPal, tapi anda juga bisa menambahkan metode pembayaran lain di kemudian hari. Setelah itu, Anda bisa memilih mengatur berapa besaran tarif pengiriman produk.
4. Isi konten-konten toko online anda
Langkah selanjutnya adalah mengisi konten untuk online shop anda. Untuk menambahkan produk, klik menu Product, lalu pilih Add New.
Kemudian, Anda akan diminta untuk melengkapi informasi soal produk tersebut. Mulai dari nama, harga, deskripsi produk, kode produk, kategori produk, hingga foto produk. Anda juga bisa menambahkan data-data seperti berat produk untuk memudahkan penghitungan biaya kirim yang harus dibayar oleh pelanggan.
5. Gunakan payment gateway
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, masyarakat Indonesia menyenangi fleksibilitas pembayaran. Untuk itu, Anda sebaiknya menginstal plugin payment gateway tambahan yang mengakomodir kebutuhan pelanggan Indonesia.
Untuk di Indonesia sendiri, kini sudah ada beberapa perusahaan yang fokus menyediakan payment gateway bagi toko online, seperti Midtrans.
Biyaya yang harus disiapkan untuk membuat situs toko online bisnis anda
Tidak bisa dimungkiri, mendirikan toko online tetaplah membutuhkan biaya. Meskipun demikian, jumlahnya tentu saja jauh lebih kecil dibandingkan membuka toko offline. Berikut ini rincian biaya untuk cara membuat toko online.
1. Domain
Biaya untuk membeli domain bervariasi, tergantung dari ekstensi domain yang Anda pilih. Umumnya, yang paling sering digunakan oleh toko online adalah ekstensi .com, .id, .co.id. Untuk ekstensi .com biasanya dihargai mulai dari Rp99.000,- hingga Rp125.000. Ekstensi .id dihargai Rp200.000 hingga Rp250.000, sedangkan ekstensi .co.id mulai dari harga Rp275.000 hingga Rp350.000.
2. Hosting
Biaya untuk hosting pun tergantung dari berapa ukuran hosting yang Anda butuhkan. Ada yang menawarkan mulai dari 100MB untuk harga sewa Rp5.000 per bulan, hingga Rp150.000 untuk unlimited disk space.
Mengingat saat ini sudah banyak penyedia hosting di Indonesia, harga sewanya pun jadi lebih murah karena ketatnya persaingan. Namun, untuk amannya, Anda bisa memilih paket hosting unlimited yang biasa dihargai Rp150.000.
3. CMS Wordpress
Biaya untuk CMS WordPress adalah gratis alias tak dipungut biaya. Hanya saja, jika Anda ingin mendesain halaman online shop Anda dengan lebih intuitif dan menarik, Anda bisa membeli template premium yang dihargai sekitar Rp350.000 saja.
4. Payment Gateway
Biaya untuk payment gateway. Untuk pemasangannya sendiri gratis, tapi Anda baru dikenakan biaya setelah adanya transaksi yang sukses.
Jumlahnya pun variatif karena masing-masing penyedia payment gateway mematok tarif yang berbeda-beda. Mulai dari Rp2.000 hingga Rp5.000 per transaksi. Bagi pembayaran-pembayaran tertentu, diterapkan pula sistem persentase dari jumlah pembayaran, mulai dari 1,7 hingga 2,9 persen.
Untuk mengetahui jumlah total jumlah biaya yang diperlukan untuk membuat toko online, maka perlu adanya contoh yang nyata. Misalnya, Anda ingin mendirikan online shop berekstensi .id dengan hosting berukuran unlimited. Maka biaya minimal yang harus Anda siapkan, yaitu:
-Domain.id = Rp200.000
-Hosting = Rp150.000
-Template WordPress = Rp350.000
-Total biaya yang harus dibayar ialah Rp700.000.
Biaya ini masih di luar potongan payment gateway per transaksi dan pemasaran via Facebook Ads atau Instagram Ads.
Nah itulah langkap dan cara lengkap membuat situs toko online and supaya produk bisnis anda dapat dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia dan semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari cara membuat situs toko online.
Posting Komentar untuk "Cara Membuat Situs Toko Online Secara Lengkap terbaru 2022"